navigasi

Thursday, July 30, 2015

SEJARAH JURUSAN TEKNIK GEODESI GEOMATIKA PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) DI INDONESIA


            Sebelumnya q sudah memposting tentang sejarah singkat Jurusan Teknik Geodesi Geomatika PTN yang ada di Indonesia, kali ini q akan memposting tentang Jurusan Teknik Geodesi Geomatika Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia.

            Pengertian dan Mata Kuliah Jurusan Teknik Geodesi silahkan klik disini. Jurusan Teknik Geodesi Geomatika di Indonesia saat ini total 11 perguruan tinggi, 6 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Teknik Geodesi dan Geomatika Insitut Teknologi Bandung (ITB)Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM)Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)Teknik Geodesi Universitas Diponegoro (UNDIP)Teknik Geodesi dan Geomatika Universitas Negeri Lampung (UNILA)Teknik Geomatika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan 5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yaitu Institut Teknologi Nasional (ITENAS) BandungUniversitas Winaya Mukti (UNWIM) BandungInstitut Teknologi Nasional (ITN) MalangUniversitas Pakuan (UNPAK) Bogor, dan Institut Teknologi Padang (ITP). 
Berikut daftar Jurusan Teknik Geodesi Geomatika PTS beserta sejarah singkatnya :

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bermula dari Akademi Teknik Nasional (ATN) Malang yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional Malang pada tahun 1969 dengan 2 Jurusan yaitu Teknik Mesin dan Teknik Sipil, dan pada tahun 1980 membuka jurusan baru antara lain : Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Tekstil, Teknik Arsitektur. Dengan pertimbangan ingin memberikan pendidikan sampai dengan tingkat sarjana (S-1), pada tahun 1981, ATN Malang dikembangkan menjadi ITN Malang dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0104/0/1983 yang diterima pada tahun 1983 terdiri dari 2 Fakultas yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). FTI membawahi jurusan/program studi jenjang S-1 : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Tekstil, dan jenjang D-III : Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Sedangkan FTSP membawahi jurusan/program studi jenjang S-1 : Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur, untuk jenjang D-III : Teknik Sipil.
Pada tahun 1982 ITN Malang membuka kembali jurusan/program studi baru, untuk di FTI menambah jurusan/program studi Teknik Gula, sedangkan di FTSP menambah jurusan/program studi Teknik Pengairan, Teknik Planologi, dan Teknik Geodesi. Untuk memenuhi kebutuhan Sarjana Teknik di Indonesia dari berbagai bidang keahlian, pada tahun 1985 ITN Malang menambah lagi jurusan/program studi baru, yaitu jurusan/program studi Teknik Elektronika S-1 di bawah FTI, dan jurusan/program studi Teknik Lingkungan di bawah FTSP.

Dengan SK Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi No. 01/Kep/DS/1972 tanggal 14 Desember 1972, didirikan AKADEMI TEKNOLOGI NASIONAL (Atenas) yang terdiri dari jurusan: Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada saat itu diangkat Prof R.Soetedjo, Ir., Sebagai direktur Atenas.
Pada tahun 1984 Atenas upgrade ke INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL (ITENAS) dan meningkatkan R. Mansoer Wiratmadja, Ir, Sebagai Rektor Itenas dengan SK Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi No.01/Kep/DS/1984 tanggal 3 Januari 1984.

Sejarah berdirinya Fakultas Teknik Universitas Pakuan di mulai  dengan adanya lokakarya Pendidikan Fakultas Teknik, yang diprakarsai oleh para pakar pendidikan teknik dari UI, ITB, UGM, dan IPB, yang diselenggarakan pada tanggal 21 - 23 April 1980, di Cisarua Bogor. Pada tahun 1981 Fakultas Teknik Universitas Pakuan resmi berdiri dengan 4 (empat) Program Studi, yaitu : Program Studi Geoteknik, Program Studi Planologi, Program Studi Teknik Sipil, dan Program Studi Teknik Elektro. Kemudian pada tahun 1983, Program Studi Geoteknikdipecah menjadi dua program studi, yaitu : Program Studi Teknik Geodesi dan Program Studi Teknik Geologi. Pada tahun 1999, Program Studi Planologi diganti menjadi Perencanaan Wilayah & Kota (PWK). Sehingga hingga saat ini Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, terdiri dari 5 (lima)  program studi.
Dengan sistem pendidikan yang baru diperguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, maka pengakuan terhadap jalannya  pendidikan  perguruan tinggi tersebut telah diubah menjadi sistem Akreditasi Nasional. Penilaian akreditasi tersebut didasarkan pada Keputusan Mendikbud No. 187/U/1998, tentang "Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi" dan No. 188/U/1998, tentang "Akreditasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi Untuk Program Sarjana".  Dan Kepmendiknas Nomor 064/P/2006 Tentang  Pengangkatan Anggota Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi.
Dari hasil pengisian dan penilaian Borang Akreditasi program studi : Teknik Elektro, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 038 / BAN - PT / Ak-XIII / S-1/I /2011, tentang "Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi", pada tanggal 14 Januari 2011, untuk ketiga program studi tersebut dinyatakan"TERAKREDITASI" sehingga dapat melaksanakan secara mandiri jalannya pendidikan program studi tersebut. Sedangkan untuk progran studi Teknik Geodesi telah "TERAKREDITASI" berdasar SK No. 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1//X/2010 Tanggal  8 Oktober  2010. Untuk program studi Teknik Geologi, dinyatakan “TERAKREDITASI” berdasarkan SK No. 022/ BAN-PT/ Ak-XIII/S1/X/2000, tanggal 22 Oktober 2010. Serta untuk yang kedua kalinya Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah dan Kota  dinyatakan  “TERAKREDITASI” berdasarkan SK No. 023/BAN/PT/Ak-XIII/S1/X/2010, tanggal 29 Oktober 2010.

UniversitasWinaya Mukti (UNWIM) adalah gabungan dari Sekolah Tinggi Pertanian Tanjungsari (STPT dh. APT), Akademi Ilmu Kehutanan (AIK), Akademi Industri dan Niaga (AIN) dan Akademi Teknik Pekerjaan Umum (ATPU). Secara resmi didirikan pada tanggal 26 Juli 1990 oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Winaya Mukti dengan Surat Keputusan No. 257/SK.II/1990 dan mendapat pengukuhan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Nomor 014a/o/1991, tanggal 25 Maret 1991. Akreditasi Jurusan Teknik Geodesi UNWIM saat ini adalah C/2013-ban-pt.

Program StudiTeknik Geodesi adalah Proram Studi dibawah Jurusan Teknik Geodesi pada Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Dibuka Tahun 2002 seiring Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) berkembang menjadi Institut Teknologi Padang (ITP), yang dikukuhkan oleh Mendiknas RI melalui Surat Kepetusan Nomor : 113/D1012002. Akreditasi Jurusan Teknik Geodesi ITP saat ini adalah C/2013-ban-pt.


Okay diatas merupakan Jurusan Teknik Geodesi Geomatika Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia hingga saat ini. Selanjutnya In sya’ Allah akan q bahas tentang Jurusan Teknik Geodesi Geomatika Perguruan Tinggi di Luar Negeri, Program Pascasarjana, beserta Doktor.
.
Referensi :

3 comments:

Vonie Cornelia said...

Artikel ini sangat menarik. Terimakasih atas informasi yang telah diberikan. Informasi ini sangat membantu

ST3 Telkom

Unknown said...

thank you for the information.

ST3 Telkom

Bagus said...

Nice post. Very good write-up.