navigasi

Thursday, October 19, 2017

Cara Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Asisted Test (CAT) pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Berikut cara untuk mendapat hasil maksimal dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Asisted Test (CAT) pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :
1.    Persiapan belajar paling tidak sebulan sebelum tes (lebih lama lebih baik), tiap hari sebentar tapi kontinu akan sangat efektif.
2.   Buat jadwal belajar (Misal, senin-selasa Tes Wawasan Kebangsaan “TWK”, rabu-kamis Tes Intelegensi Umum “TIU”, jumat Tes Karakteristik Kepribadian “TKP”, sabtu-minggu SIMULASI SOAL).
3.    Cermati pengumuman terkait tes dan seluruh perlengkapan ujian sudah dipersiapkan maksimal sehari sebelumnya.
-          Cetak kartu peserta ujian dan ditempel foto,
-          KTP asli,
-          Tahu lokasi ujian agar bisa memperkirakan berapa lama waktu tempuh,
-          Pakaian yang disyaratkan (Misal, baju putih, celana hitam).
4.    Jangan terlalu memforsir belajar sehari sebelum ujian, gunakan untuk kegiatan yang rileks, pendekatan spiritual, atau jika mau belajar santai batasi maksimal jam 21.00.
5.      Pendekatan spiritual jika muslim :
-        Telpon orang tua untuk turut mendoakan.
-       Tidur pukul 21.00, bangun pukul 2.30 lakukan shalat tahajud, shalat hajat, shalat witir,  dan tilawah Qur’an sambil menunggu waktu shalat subuh.
-         Shalat qabliyah subuh, dan shalat subuh berjamaah di Masjid.
-         Memasuki waktu dhuha, Jika ujian siang laksanakan Shalat Dhuha dahulu.
6.  Sebelum ujian pastikan makan secukupnya (Jangan sampe paginya perut kosong karena berfikir juga perlu energi ekstra, kecuali yang puasa ya. Jangan juga terlalu kenyang nanti perut mules tuh).
7.     Datang ke lokasi ujian 90 menit sebelum dimulai tes (Tidak perlu review soal atau materi ya karena malah akan semakin bingung dan merasa banyak yang kurang, yakin aja lah dengan yang sudah kita pelajari sebelumnya)
8.     Saat mengerjakan :

a.      Fokus dan yakin dengan kemampuan diri. (Tekankan dalam hati, yakin pasti bisa!!!)
b.      Pastikan sudah pernah mencoba simulasi di https://cat.bkn.go.id/simulasi/
c.     Tahu aturan passing grade SKD (Permenpan-RB no.22 tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2017) dan harus punya target nilai (kalaupun hasil g sesuai yang penting udah usaha).
d.    Kerjakan urut dari nomor 1 hingga 100. (q kemarin ngerjakan TKP dulu dari nomor 66-100 tapi menurut q kurang efektif karena harus klik next2 dahulu pada soal)
e.      Kerjakan yang mudah dahulu, jika ada yang sulit jangan pikir panjang langsung skip aja.
f.     Jika sudah kerjakan yang mudah, silahkan kembali dari nomor 1 untuk mengerjakan soal yang belum dikerjakan.
g.  Soal TKP jangan lupa untuk lihat keterangan diatas kiri soal (Misal Tes Karakteristik Pribadi – Integritas), itu sangat membantu untuk memilih jawaban yang sesuai (Kemarin q g memperhatikan keterangan tersebut jadi agak bingung menjawab karena jawaban terlihat hampir benar semua)
h.     Estimasi waktu harus tepat (Selalu lihat sisa waktu di layar CAT) dan maksimalkan waktu.
-        Soal 100, waktu mengerjakan 90 menit, berarti per soal kita diberi waktu ngerjakan hanya 54 detik.
-    Jika masih ada tersisa waktu walau 5 menit, gunakan untuk cek jawaban yang sudah dikerjakan.

Cara diatas merupakan berdasarkan evaluasi dari pengalaman pribadi q, namun tidak bisa menjadi rujukan mutlak karena semua kembali kepada masing-masing individu yang tentunya memiliki cara berbeda-beda dalam memaksimalkan hasil berdasarkan kenyamanan dan keyakinan diri. Semoga manfaat.

No comments: