navigasi

Thursday, August 29, 2013

PESAN AMIRUL MUKMININ KHALIFAH UMAR BIN KHATTAB MENJELANG WAFAT



Aku adalah sahabat Rasulullah Saw dan ia senang aku berada disampingnya.
Aku adalah sahabat Abu Bakar dan aku patuh padanya.
Aku mendampingi Abu Bakar hingga ia wafat.
Tak ada yang kutakuti dalam diriku selain menjadi pemimpin kalian.
Aku ingin berakhir dalam keadaan yang benar-benar seimbang.
Tanpa ada yang meributkan tentang diriku.
Kini,
dengan penderitaanku ini tak seharusnya mempengaruhiku menangani permasalahan Kaum Muslimin
dan proses penggantianku sehingga tak timbul keributan.
Aku bisa beri saran harus menunjuk siapa.

“Tunjuk saja Abdullah bin Umar”.
Demi Allah, jangan katakan itu seolah itu keinginan Allah.
Kami tak tertarik untuk memimpin kalian.
Aku tak pernah mempertimbangkannya hingga sampai muncul ide calonnya adalah dari keluargaku.
Jika itu baik, kami akan mengamalkannya...
...dan jika buruk, cukup bagi Umar yang menanggungnya...
...juga tentang bagaimana tanggung jawab mengurus umat Muhammad.


Aku telah bekerja tanpa lelah dan tak pernah mementingkan keluargaku...
Dan jika aku bisa selamat, baik dengan pujian atau hukuman aku akan merasa senang.
Kuserahkan masalah ini kepada kalian berenam...
Aku yakin Rasulullah juga berkenan atas mereka, ketika Beliau wafat...
Usman.../Alhamdulillah...
Ali...
Talhah al-Zubair...
Abd al-Rahman ibn Auf...
Dan Saad ibn Abi Waqqas.
Biarkan mereka musyawarahkan hal ini di salah satu rumah mereka.
Mereka harus memilih salah satu di antara mereka.
Beri mereka tiga hari untuk mengambil keputusan.
Kalian harus sudah memiliki Khalifah di hari ke empat.
“Kami paham dan kami patuh, Amirul Mukminin”.

Siapa pun dari kalian yang menggantikanku...
...ia harus takut pada Allah
dan tidak mengutamakan kepentingan golongannya di atas Kaum Muslimin.
Kutegaskan padanya agar memperhatikan Kaum Muhajirin pendahulu.
Dan menghargai kedudukan mereka sebagai pemeluk Islam terdahulu.
Kutegaskan agar ia memperlakukan Kaum Anshor dengan baik...
...menghargai mereka yang melakukan amal baik dan belajar dari masa lalunya.
Merekalah yang membuat jumlah kita jadi banyak...
...dan membawa kemenangan bagi kita.
Kuminta padanya untuk memperlakukan penduduk gurun pasir dengan baik.
Karena mereka adalah akar Bangsa Arab yang juga mempengaruhi Islam.
*Kutegaskan agar memperlakukan Non Muslim yang membayar dhimmah dengan baik.
*Ia harus memerangi mereka yang melanggar batas.
*Ia tak boleh memaksakan sesuatu yang di luar batas kemampuan mereka.
*Aku mohon pada kalian semua agar memohon ampun bagi Kaum Muslimin.
*Perlakukan para orang tua dengan penuh hormat...
*saling menyayangi kepada yang muda dan
*menghormati kaum cendekiawan.
*Jangan memukul orang lain hingga mempermalukan mereka...
*Jangan berebut harta pampasan perang karena akan memicu kemarahan.
*Jangan biarkan kekayaan hanya berputar di kalangan orang kaya.
*Jangan membanting pintu terhadap orang yang datang...
...karena ini akan memberi kesan yang kuat menindas yang lemah.
Itu adalah pesan-pesanku kepada penggantiku.
Maafkanlah aku.

“CUPLIKAN dari film 30 series Omar Ibn Khattab”

No comments: