navigasi

Wednesday, November 15, 2017

Cerita Pengalaman dan Tahapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kementerian ATR / BPN

 
Tes SKD sudah dilalui dengan lolos passing grade, namun rasa cemas terus menelimuti diri ini karena nilai q tidak sesuai target maksimal yang ingin dicapai sebelumnya, “Wah bisa jadi nilai q kalah kompetitif ni dengan peserta lain”, mau belajar persiapan SKB juga tidak bisa fokus, maka hanya doa dan tawakal kepada Allah Swt lah yang bisa dilakukan saat itu untuk menenangkan hati ini. Jika sesuai jadwal awal maka pengumuman hasil SKD yang lolos ke tahap SKB pada tanggal 23 Oktober 2017, namun karena ada perubahan jadwal SKB yang diinfokan tanggal 25 Oktober 2017 yaitu ada wilayah ujian yang terakhir tes SKD tanggal 29 Oktober 2017 sehingga dipastikan pengumuman akan mundur.
Jumat, 10 November 2017 adalah pengumuman yang lulus SKD dan bisa mengikuti tahap SKB. Itulah hari yang dinanti-nanti selama 12 hari dari tes terakhir SKD. Setelah kuliah SPKBS pukul 16.30 q langsung ke kos, sampai kos ternyata di grup telegram sudah banyak yang berteriak “hilal gan..hilal”. Dag..dig..dug.. jantung ini terus berdebar untuk melihat pengumuman tersebut, Alhamdulillah ternyata dengan nilai SKD 321 q masuk peringkat 6 dari 7 yang lolos SKD dan total formasi di Papua Barat yaitu berjumlah 10. Formasi 10 namun yang lolos 7 orang di Papua Barat persis seperti yang q impikan di satu waktu pada saat tidur siang, namun dalam mimpi tersebut q di peringkat 7. Pada pengumuman sekaligus tercantum informasi SKB dilaksanakan tanggal 15 November 2017 (hanya ada 3 hari efektif untuk belajar). Alhamdulillah semua karena pertolongan Allah Swt. Selanjutnya, karena q bernadzar harus birrul walidain dulu ke rumah di Pemalang jika dipastikan lolos ke tahap selanjutnya, maka malam itu q langsung pulang dengan travel jam 22.30 dari Jogja. Sampai Pemalang Alhamdulillah jam 3.30 pagi. Selama di Pemalang q mohon doa restu keluarga agar bisa resmi diterima menjadi PNS di Kementerian ATR/ BPN.
(Daftar yang lolos SKD dan bisa mengikuti SKB,
Jabatan Surveyor Pemetaan, Penempatan Papua Barat)
Minggu q langsung balik ke Jogja dengan Kereta Kamandaka Pemalang-Purwokerto pukul 7.06-9.27, dilanjut Kereta Joglokerto Purwokerto-Lempuyangan pukul 10.40-14.01. Malamnya pukul 20.00-23.00 q belajar bersama Arga di kos q. Senin & selasa pukul 8.00-sore juga q belajar bareng di ruang diskusi lt.3 Perpus pusat UGM. Dengan segala keterbatasan belajar, mau tidak mau, siap tidak siap ya rabu 15 November 2017 di sesi 3 pukul 12 – 13.30 (Kantor Regional I BKN Yogyakarta) q harus menghadapi tes SKB tersebut.
(Lokasi Ujian SKB dan Jadwal Sesi)
(Nama Peserta SKB beserta Informasi Waktu Ujian)
Q merubah strategi dari tes SKD lalu, malam sebelum tes q putuskan untuk tidak terlalu dipaksa belajar hingga larut malam. Usahan lebih banyak untuk istirahat, rileks, dan ditingkatkan pendekatan spiritualya. Pukul 22.00 harus tidur dan bangun jam 2.30 untuk shalat Tahajud, Shalat Hajat, Shalat witir, Tilawah, dilanjut shalat qabliyah subuh dan shalat Subuh berjamaah. Jangan lupa untuk minta doa dari orang tua yang mana sangat luar biasa pengaruhnya. Di pagi harinya shalat duha 4 rakaat, shalat hajat, dan tilawah. Ikhtiar dan tawakal harus berjalan beriringan sehingga pertolongan Allah Swt Insya Allah pasti hadir untuk kesuksesan sesuai yang kita inginkan. Yakinlah itu!!!.
Q sudah sampai di lokasi tes (kanreg 1 BKN Yogyakarta) pukul 11.00. Ketenangan dan rasa optimis menyelimuti diri ini, karena sudah berusaha tinggal pasrahkan kepada Allah Swt. Petugas BKN di depan bagaikan motivator “kalian sudah sampai tes SKB berarti peluang diterima sangat besar, jangan bertindak curang yang berakibat fatal”. Mba petugas verifikator berkas ujian bertanya,”Wah sudah siap di Papua? Disana sepi looo, serius mau disana?”. Q jawab,”Insya Allah mba!!!.haha”. Tes dimulai tepat Pukul 12.00, strategi dalam pengerjaan adalah kerjakan yang mudah dahulu, jika baca sepintas tidak paham, maka skip aja. Beberapa orang sudah keluar ruangan karena selesai lebih dahulu, q tetap fokus hingga detik terakhir. Dan Alhamdulillah mendapatkan nilai 255, tidak terlalu istimewa namun tetap bersyukur dengan segala keterbatasan berlajar. Keluar ruangan bertemu pegawai BKN, beliau bilang,”Owh papua barat katanya formasi 10 yang lulus hanya 7 ya? Insya Allah pasti lulus mas, berapapun nilai SKB mas yang penting ikut tahapannya”. Q jawab, ‘Owh gtu ya pak, ya mohon doanya pak semoga benar adanya”. Aamiin..
Singkatnya tahapan pelaksanaan tes SKB sebagai berikut (Sesi 3, pukul 12.00-13.30) :
1.      Duduk di depan gedung ujian untuk menunggu arahan dari panitia (pegawai BKN).
2.     Pukul 11.00 mulai Verifikasi berkas ujian dan absensi (Cek kartu peserta ujian dan KTP, disertai tanda tangan daftar hadir)
3.   Naik ke lantai 2 menuju ruang ujian. Semua barang bawaan dikumpulkan di tempat penitipan yang sudah disediakan panitia kecuali Kartu peserta ujian dan KTP.
4.      Duduk di depan Ruang ujian menunggu instruksi masuk ruangan.
5.      Pukul 11.30 (30 menit sebelum ujian) antri masuk ruang ujian untuk pemeriksaan barang bawaan oleh panitia (tenang aja cowok di cek oleh cowok, cewek di cek oleh cewek).
6.      Pukul 11.45 sudah berada di tempat ujian. Ada instruksi sebentar dari panitia.
7.     Tepat pukul 12.00 dimulai ujian hingga 13.30.
8.   Setelah selesai sama seperti SKD hasil langsung muncul di layar monitor dan dimunculkan di LCD depan gedung ujian atau dicetak dan ditempel di papan pengumuman, sehingga transparansi tetap terjaga (perbedaannya SKB tidak ada passing grade).

23 comments:

Unknown said...

Mas pemilihan penempatannya utk semua jabatan kita sendiri yg pilih ya pas mendaftar atau gimana? Trus klu boleh tau SKB nya tes CAT lagi ya tp soalnya sesuai dengan jabatan yg dipilih?

Unknown said...

iya kemarin pemilihan penempatan dari awal pendaftaran. Jadi kita bersaing hanya dengan penempatan yg kt pilih.
SKB dengan CAT, soal sesuai jabatan yg dipilih dan background pendidikan kt.

Anonymous said...

soalnya ada berapa skb mas kalau boleh tau?

Unknown said...

itu yang lolos buat SKB , 3xformasi seluruh indonesia, apa 3x formasi penempatan ya? soalnya masih bingung hehee, tahun lalu bagaimana?

ageng_wsp said...

Soal SKB sama ada 100.

Lolos SKB 3x formasi penempatan..

Unknown said...

Mas kalo kisi-kisi soal skb atr bpn yg buat jabatan lain tau nggak mas? Saya pilih analis permohonan hak tanah dan pendaftaran tanah, saya cari2 di internet lumayan sulit. Kali aja mas nya tau. Hhe
Makasih sebelumnya

Unknown said...

Maaf mau tanya, itu bner ndak klo yg lulus passing grade kurang dr formasi lgsung ktrima?

ageng_wsp said...

@Latifah kalau jabatan lain q gtw jg e. tapi menurut q kata kuncinya ini materi SKB sesuai bidang keahlian jurusan kita dan jabatan yang dipilih. Coba baca tulisan ini https://agengwsp.blogspot.com/2017/11/materi-soal-seleksi-kemampuan-bidang.html , jabatan surveyor pemetaan soalny kurang lebih seprti itu mgkin bs jadi referensi kira2 jabatan u seperti apa.

@SriLestari. Tahun lalu seperti itu mb. Jika formasi 10, yg lulus SKD hny 7 otomatis semua diterima. Kecuali g datang ujian SKB ny...

Unknown said...

Udah tau kisi"nya blm ya?hehe ini saya juga lagi nyari nyari ga dapet

ageng_wsp said...

@indira setio rini. Di pengumuman sudah tercantum pokok materi SKB

omais said...

mas, BPN ada samapta ga di diklat atau prajabatan nya?

ageng_wsp said...

@omais. Ada materi bela negara. Standar lah, pastinya g seperti militer ya.haha

Haris said...
This comment has been removed by the author.
omais said...

okay terima kasih hehe

Anonymous said...

Mantap, saya juga dulu ikut tes di mara convention hall, nilai tkd bagus, tapi tkb jeblok, akhirnya kurang 1 peringkat untuk lolos. persaingan di barat ketat. entah kenapa ga ambil indonesia timur, hari pengumuman skb hujan deras dari malam sampai pagi, saya buka penugumuman.

Kalo ada tambahan soal lagi tolong dishare gan.

Anonymous said...

Halo mau nanya, materi skb yg diujikan selain jabatan yg dipilih, ada psikotes atau yg lain tdk ya? Tks

Anonymous said...

Selamat malam om. Oiya saya mau nanya. Jika lokasi rumah saya di jateng trs saya pilih lokasi kerja di kalimatan apakah nanti ketika lolos skd dan ikut skb tesnya masih di jateng apa di kalimantan? Terima kasih

ageng_wsp said...

@Anonymous1 Okay tetap semangat ya, semoga tahun ini diterima PNS.

@Anonymous2 utk Kementerian ATR/BPN tidak ada tes psikotes.

@Anonymous3 Saat proses seleksi tahun q tetap bisa pilih lokasi tes yg dekat dg domisili kt saat ini. Untuk tahun ini coba baca lagi di detail pengumumannya ya...

ryan hidayat said...

Mas mau tanya skb di kementrian atrpbn formasi pengelola pertahanan apakah hanya test skb berbasis cat atau ada test lain sprti wawancara, psikotest, bca quar'an dll

Terima kasih

Mm said...

Daerah mana mas?

Aprilia said...

Penempatan dimna mas ?

deni said...

weh sama nih pengelola pertanahan wkwkwk

ageng_wsp said...

@ryan hidayat sama seperti lainnya. Hanya SKD dan SKB dg CAT.

@Aprilia Papua Barat...

@deni mantab...