navigasi

Thursday, January 9, 2014

PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH (INDERAJA) REMOTE SENSING


        

            Untuk teman-teman yang berkecimpung di bidang geodesi, geofisika, geologi, lingkungan, geografi pasti sudah tidak asing lagi dengan Penginderaan Jauh atau biasa disingkat Indraja. Tapi ya kita sekedar berbagi ilmu aja tentang pengertian penginderaan jauh. Inderaja sendiri berasal dari bahasa Inggris (remote sensing), bahasa Perancis (télédétection), bahasa Jerman (fernerkundung), bahasa Portugis (sensoriamento remota), bahasa Spanyol (percepcion remote) dan bahasa Rusia (distangtionaya).
Berikut pengertian penginderaan jauh dari berbagai macam sumber :
Menurut Lillesand dan Kiefer (1979),
Penginderaan Jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.


Menurut Colwell (1984)
Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.

Menurut Curran, (1985)
Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

Menurut Lindgren (1985)
Penginderaan Jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi ini.

American Society of Photogrammetry mengartikan Remote Sensing atau Penginderaan Jauh sebagai berikut :
Penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji.

Sedangkan menurut Campbell,
Penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh

            Dari semua pengertian yang ada, kita bisa menyimpulkan bahwa Penginderaan Jauh adalah sebuah metode memperoleh informasi detil tanpa harus bersentuhan langsung dengan objek.
            Ok sekian dahulu.. Semoga bisa bermanfaat.. dilanjut ke Pembahasan Penginderaan Jauh Selanjutnya..

No comments: