navigasi

Friday, January 17, 2014

UNDIP TUAN RUMAH PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL KE XVII (PIMNAS ke 27) PADA SEPTEMBER TAHUN 2014


Perlu diketahui bahwa kandidat awal untuk Tuan Rumah PIMNAS ke 27 adalah UI, ITB, UPI dan UNDIP. Hingga mengerucut menjadi 2 yaitu UPI Bandung dan UNDIP. Dan akhirnya UNDIP dinyatakan resmi oleh DIKTI sebagai Tuan Rumah PIMNAS ke 27. Hal tersebut setelah visitasi dari DIKTI tanggal 22 November 2013.
            Yuk kita ngomongin sedikit rangkaian visitasi tersebut, DIKTI mengadakan visitasi guna menilai persiapan UNDIP sebagai calon Tuan Rumah PIMNAS ke 27. Saat itu dana yang diajukan UNDIP ke Dikti untuk PIMNAS ke 27 sebesar 8 Milyar Rupiah. Banyak sekali parameter-parameter yang dinilai dalam visitasi ini, diantaranya adalah kelayakan gedung untuk pembukaan, presentasi, dan pameran, kemudian juga fasilitas penunjang seperti Masjid, air bersih, penginapan, transport, kesehatan, dll. Yang tak kalah penting adalah dukungan dan komitmen dari seluruh Internal UNDIP serta dukungan dari Gubernur dan Pemda-Pemkot juga sangat berpengaruh. Dari hasil visitasi yg dilakukan oleh DIKTI ke UNDIP dan UPI, akhirnya didapatkan 1 nama yg berhak menjadi Tuan Rumah PIMNAS XVII, yaitu UNDIP.
            Nah, jadi ini adalah untuk ketiga kalinya PIMNAS datang ke Semarang. Yang pertama PIMNAS-XI-1998-UNDIP, yang kedua PIMNAS-XXI-2008-Unissula dan PIMNAS-XXVII-2014-UNDIP. Tema yang akan diusung UNDIP di PIMNAS XXVII ini adalah "Kreativitas dan Inovasi dalam Kebinekaan". Kegiatan PIMNAS akan berpusat di Gedung.Prof.Soedarto. Sedangkan untuk presentasi dipilih gedung Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Sedangkan sebagai tempat akomodasi peserta Gedung rusunawa, LPMP, eks APDN, diklat koperasi dan diklat agama. Tempat tersebut dipilih karena lokasinya yang terjangkau sehingga tidak membuat peserta terlambat dan juga dapat menampung lebih dari 2.500 peserta PIMNAS. Yang tidak kalah penting adalah Leader Officer (LO). Minimal 750 mahasiswa dibutuhkan untuk menjadi LO dan 250 orang dari tim keamanan dan kesehatan. Untuk ketua penyelenggara PIMNAS ke 27 UNDIP kali ini adalah Pak Bambang Sulistyanto.

            Rektor UNDIP Prof.Sudharto.P.Hadi menyampaikan penyelenggaraan PIMNAS di UNDIP menjadi momentum mengasah dan meningkatkan kreativitas, inovasi, serta menumbuhkan budaya akademik yang positif. UNDIP ingin menjadikan kegiatan PIMNAS ini sebagai media strategis sosialisasi kampus sebagai perekat kebangsaan dimana PIMNAS tersebut akan diikuti 2.500 peserta yang datang dari berbagai penjuru tanah air. PIMNAS sangat efektif selain sebagai media bertukar karya ilmu dan ide kreatif kewirausahaan, juga sebagai sarana ampuh untuk berinteraksi antar budaya dan memperluas tentang wawasan kebangsaan. Berbicara mengenai kesiapan, dalam bidang IT juga ditunjukkan dengan registrasi secara online bagi pendaftar PIMNAS. Peserta juga akan dilengkapi dengan 'name tag' dengan barcode sehingga tidak akan ada yang salah kamar atau salah ruang presentasi. PIMNAS bukan hanya milik mahasiswa, tetapi juga akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat hasil karya ilmiah mahasiswa tersebut. Selain itu, UNDIP akan memberikan kesempatan pada PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang tidak pernah mengikuti PIMNAS untuk mengikuti gelar produk karya ilmiah tersebut.

            Letak Kota Semarang yang sangat strategis, berada di tengah Jawa juga bisa menjadi salah satu faktor kunci dalam terpilihnya UNDIP sebagai Tuan Rumah PIMNAS ke 27 kali ini. Perlu diketahui bersama prestasi UNDIP dalam PIMNAS beberapa tahun sebelumnya terus menanjak, dimulai tahun 2010 dimana UNDIP tidak mendapatkan peringkat, selanjutnya di PIMNAS 2012 UNDIP berada di peringkat 18, yang terakhir di PIMNAS 2013 UNDIP berhasil di peringkat 6. Tentunya kita berharap bersama melihat prestasi UNDIP yang terus progresif dari tahun ke tahun, di Tahun 2014 ini sekaligus UNDIP sebagai Tuan Rumah bisa menorehkan prestagi gemilang untuk masuk sebagai 3 besar terbaik atau bahkan menjadi juara umum.
            Terpilihnya UNDIP sebagai Tuan Rumah PIMNAS ke 27 ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. “Provinsi Jateng tidak akan diam, sebagai perguruan tinggi terbesar di Jateng, UNDIP dipandang layak dan pantas menjadi tuan rumah event nasional,” katanya. Selain itu Forum Rektor Jateng, Forum PR3 Jateng, AKPOL, dan seluruh universitas di semarang sangat mendukung UNDIP sebagai tuanrumah PIMNAS ke 27 ini.
            Yang perlu kita perhatikan lagi adalah perkataan dari Prof.Jamasri (Dikti),"2014 tahun Politik... Nilai jual PIMNAS di mata calon-calon RI-1 pasti juga akan sangat tinggi, jadi harus hati-hati”. Haha.. bagaimanapun juga kita sebagai mahasiswa harus kritis terhadap segala hal, jangan hanya diam untuk bersikap apatis tak mau tau. Dan yang kita harapkan bersama dengan terpilihnya UNDIP sebagai Tuan Rumah PIMNAS ke 27 tahun 2014 ini bisa menjadikan UNDIP lebih baik. 

Sumber :
Kementrian Riset BEM KM UNDIP melalui akun resmi twitternya, “@LR_Undip”

No comments: