navigasi

Wednesday, March 15, 2023

Tugas Desain dan Manajemen Informasi Geospasial - ROI ASSESMENT PERUSAAHAN JASA PEMBUATAN SIMPUL JARINGAN

 

Report History

Project Name:      ROI Assesment

Focus Area:          Infrastruktur Data Spasial        

Product/Process: GIS  

Prepared By

Document Owner(s)

Project/Organization Role

Ridwan Ageng Ashari

Magister Teknik Geomatika

Universitas Gadjah Mada

 

Report Version Control

Version

Date

Author

Change Description

A.1

03/01/2016

Ridwan Ageng Ashari

 

 

Glossary of Terms

Free Cash Flow: Jumlah maksimum uang yang dibutuhkan untuk membayar program atau kerja

Geographic Information System (GIS): Metodologi dan Teknologi pemecahan masalah geografis.

Internal Rate of Return (IRR): Persentase yang diperoleh dari investasi. Sebagai perbandingan, rate of return saat ini dari uang investasi di bank 3-5%.

Net Present Value (NPV): Total nilai dolar dimana program akan menghasilkan lebih dari priode penilaian (5 tahun).

Return on Investment (ROI): Persentase yang didapat dibawah atau diatas investasi (Net Benefits / Total Costs) selama periode penilaian (5 tahun).

Payback Period: Jumlah tahun sebelum investasi berhasil dibayar kembali dari keuntungan yang didapat.

 

Executive Summary

Laporan ini dibuat langsung oleh Presiden Direktur Perusahaan Simpul Jaringan, Ridwan Ageng Ashari, untuk menjabarkan aspek-aspek kerja yang penting dalam peningkatan nilai bisnis pada perusahaan. Program ini didesain untuk mengetahui berbagai tantangan dan peluang yang menjadi perhatian utama. Secara umum, manfaat dan keuntungan dalam perusahaan Jasa Pembuatan Simpul Jaringan antara lain :

  • Membantu mempercepat pembangunan simpul jaringan di kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dengan pengelolaan yang professional
  • Mengoptimalkan hasil pembangunan simpul jaringan dengan sumber daya manusia yang handal di bidangnya
  • Amanat dari Perpres No.27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional yaitu untuk menyelenggarakan pengelolaan DG dan IG secara bersama, terukur, tertib, terukur, terintegrasi, dan berkesinambungan serta berdayaguna dapat diwujudkan

Pelaksanaan program direncanakan dalam 5 tahun. Keuntungan dapat dicapai mulai tahun kedua dan semakin meningkat di tahun berikutnya. Beberapa aspek telah diidentifikasi dan dilakukan penghitungan, untuk memastikan keberhasilan program baik secara teknis dan finansial.

Biaya yang diperlukan sebesar Rp. 2.173.231.006 untuk jangka waktu lima tahun.  Nilai Net Present Value (NPV)  sebesar Rp. 20.987.603, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 18% , dan Return on Investment (ROI) sebesar 117%. Periode Pay Back dari investasi akan tercapai pada 2 tahun.  Biaya Free Cash Flow diperlukan untuk keuangan program ini.

Berdasarkan hasil kajian dan penjelasan dari laporan ini, Perusahaan Simpul Jaringan layak untuk didirikan.

Tujuan dan Ruang Lingkup

Laporan ini dibuat oleh Ridwan Ageng Ashari sebagai Presiden Direktur Perusahaan Jasa Pembuatan Simpul Jaringan, sekaligus mahasiswa Magister Teknik Geomatika Universitas Gadjah Mada. Laporan menyampaikan mengenai latar belakang perlunya pembuatan Perusahaan Jasa Simpul Jaringan, mendiskusikan cara kerja, program GIS yang diajukan, dan laporan analisis bisnis. Laporan ini merupakan kesimpulan dari analisis berdasarkan data numerik dan terdapat dokumentasi hasil perhitungan berupa gambar, tabel, dan teks.

Sistem Informasi Geografi adalah tipe teknoloi informasi komunikasi dimana banyak organisasi di dunia menggunakannya untuk menambah nilai, mengurangi pengeluaran, dan menambah efisiensi dan keefektifan. Laporan meliputi hal-hal sebagai berikut :

  • Area dimana GIS akan berkontribusi memberikan nilai tambah
  • Biaya awal dan keberjalanan yang diperlukan
  • Jangka waktu yang diperlukan untuk merealisasikan keuntungan
  • Sumber daya yang diperlukan
  • Tata kelola dan struktur manajemen
  • Studi kasus ROI Assesment

Sekilas Tentang Perusahaan

Berawal dari adanya kewajiban untuk membuat simpul jaringan sedangkan jumlah kementerian atau lembaga khususnya pemerintah daerah yang memiliki simpul jaringan masih sedikit dan belum terpenuhinya beberapa aspek yang menjadi syarat kesiapan pembangunan simpul jaringan, khususnya dari Aspek Sumber Daya Manusia. Berdasarkan hal tersebut akan sangat potensial jika membuat perusahaaan penyedia jasa pembuatan simpul jaringan. Melihat peluang tersebut perusahaan dengan manajemen profesional disertai sumber daya manusia yang ahli di bidangnya maka akan sangat tepat didirikan untuk menjawab permasalahan yang ada saat ini.

Metodologi

Metodologi yang digunakan dalam analisis menggunakan metode yang dikembangkan oleh PA Consulting Group, bekerja sama dengan ESRI Inc. Kelebihan metode ini adalah memadukan aspek bisnis secara finansial dan aspek GIS.

Tantangan dan Peluang

Tahap awal dimulai melakukan wawancara dan pengumpulan data dari Pimpinan/Pengambil Keputusan di lembaga atau instansi pemerintah untuk mengetahui keadaan simpul jaringan secara langsung.

  • Presiden Direktur

Setelah melakukan wawancara, terdapat beberapa hal yang berhasil diidentifikasi menjadi peluang dan tantangan sebagai berikut :

 

Group

Opportunity

Value / Benefit Potential

Simpul Jaringan

Pembangunan Simpul Jaringan

Memudahkan dan mempercepat proses pembangunan Simpul Jaringan

Pelayanan

Menambah keefektifan dari pengguna

Jumlah Lembaga atau instansi pengguna jasa semakin banyak.

Rencana Program

Berdasarkan berbagai aspek dari berbagai macam sumber dan disimpulkan oleh Presiden Direktur, maka dilakukan beberapa cara untuk mengurangi biaya dan meningkatkan layanan dengan pendekatan metode dan teknologi GIS. Metode tersebut digambarkan dalam bentuk roadmap dengan jangka waktu tertentu.


 

Foundation Projects

  • Tahap ini dilakukan dengan melakukan promosi dan sosialisasi ke seluruh instansi atau lembaga pemerintahan selain itu kegiatan untuk mendukung operasional seperti pengadaan perangkat keras dan lunak

Governance

  • Tahapan ini melakukan persiapan untuk membangun suatu perusahaan

Process

  • Tahapan ini sebagai monitoring keberjalanan proyek yang dekerjakan.

Technology Solutions

  • Pembangunan aplikasi Geoportal dengan scalability.

Biaya Program

Biaya yang dibutuhkan pada komponen CapEx dan OpEx sebesar Rp. 2.173.231.006, dimana rincian total dibagi tiap tahun, meliputi Capital Expenditure (CapEx) dan Operational Expenditure (OpEx). Biaya di tahun pertama lebih besar.

Opex / Capex

Year 1

Year 2

Year 3

Capex

320.500.000

0

0

Opex

617.577.002

617.577.002

617.577.002

Grand Total

938.077.002

617.577.002

617.577.002

 

Total biaya yang dikeluarkan meliputi Pengadaan Hardware, Pengadaan Software, Staff, dan Operasional.

Timeframe

Seperti yang ditampilkan pada gambar Benefit Roadmap diatas, tiap tahap implementasi proyek berada di dalam timeframe yaitu selama 5 tahun. Dalam jangka waktu 5 tahun tersebut kegiatan-kegiatan yang dilakukan merupakan prioritas utama pada Perusahaan Jasa Pembuatan Simpul Jaringan ini.

Governance

Suksesnya suatu program dari suatu pekerjaan tidak lepas dar tata kelola organisasi sebagai pedoman pada tiap proses dan aktivitas yang berada didalamnya. Gambar berikut merupakan struktur oranisasi manajemen dalam Perusahaan ini.


Analisa Bisnis

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, usulan dari program perusahaan akan menghasilkan Net Present Value (NPV)  sebesar Rp. 20.987.603, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 18% , dan Return on Investment (ROI) sebesar 117%. Periode Pay Back dari investasi akan tercapai pada 2 tahun.


 

Selain Benefit yang bersifat tangible seperti dicantumkan dalam perhitungan finansial diatas, terdapat benefit yang bersifat intangible, antara lain :

  • Peningkatan kepuasan masyarakat dalam sharing data.
  • Peningkatan kualitas layanan.

Kesimpulan

Penilaian ini menggunakan metodologi yang telah terverifikasi dan terpercaya untuk melakukan perhitungan kasus bisnis pada Perusahaan Jasa Pembuatan Simpul Jaringan. Pendekatan ini telah menunjukan bahwa implementasi program tersebut akan membantu instansi maupun lembaga pemerintah dan tentunya memberikan manfaat untuk masyarakat umum. Program ini menghasilkan nilai Net Present Value (NPV)  sebesar Rp. 20.987.603, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 18% , dan Return on Investment (ROI) sebesar 117%. Periode Pay Back dari investasi akan tercapai pada 2 tahun.

Perusahaan ini tentunya juga memberikan keuntungan lain yaitu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintahan karena terbantunya proses dalam hal sharing data dan meningkatkan kepuasan masyarakat.

Berdasarkan hasil analisis, sangat direkomendasikan untuk layaknya perusahaan Jasa Pembuatan Simpul Jaringan ini dibentuk.


Yogyakarta, 3 Januari 2016.

No comments: