Cara menangkap kebutuhan pengguna bisa dilakukan
dengan 5 hal, yaitu :
1.
Users Profiling
(membuat profil pengguna)
2. Stakeholder
Interview
3.
Questionnaire
4. Usecase
5. Scenario of Use
1.
Users
Profiling (membuat profil pengguna)
a.
Pengertian
Sebuah cara yang
dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengguna dengan identifikasi profil dari
pengguna. Pada developer google map,
pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi siapa pengguna google map? Misal dibagi dalam
akademisi, swasta, maupun instansi.
b.
Sisi Positif dan
Negatif
Dengan mengetahui
secara detail kebutuhan dari pengguna secara otomatis akan mudah menangkap
kebutuhan pengguna.
c.
Implementasi (Cara
Penerapan)
Cara penerapannya
berdasarkan elaborasi dari berbagai macam users
profiling sehingga mendapatkan satu konklusi konkrit yang bisa diterapkan.
Misalnya untuk akademisi perlu dilakukan penambahan pada informasi geografis
lengkap yang bisa diunduh secara gratis.
d.
Keterlibatan Pihak.
Administrator, Manajemen, dan User.
2.
Stakeholder Interview
a.
Pengertian
Sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan
pengguna dengan melakukan interview secara langsung kepada pemegang kebijakan.
b.
Sisi Positif dan
Negatif.
Bisa menyampaikan secara langsung sasaran yang ingin dituju dari sebuah produk, sedangkan negatifnya adalah ketika materi kurang kuat maka kemungkinan akan dilakukan penolakan.
c.
Implementasi (Cara
Penerapan)
Bisa dengan megundang stakeholder dalam satu forum untuk dilakukan interview atau
melakukan kunjungan langsung ke stakeholder
dengan melakukan konfirmasi sebelumnya.
d.
Keterlibatan Pihak
Manajeman, Asministrator, dan Stakeholder.
3.
Questionnaire
a.
Pengertian
Sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan
pengguna dengan menyebarkan kuisioner kepada beberapa orang.
b.
Sisi Positif dan
Negatif
Bisa mendapatkan banyak sample dalam waktu yang
singkat, sedangkan kekurangannya tidak semua orang mengisi kuisioner dengan
sebenarnya.
c.
Implementasi (Cara
Penerapan)
Menyebarkan kuisioner ke pengguna.
d. Keterlibatan Pihak
Administrator, Manajemen, User.
4.
Usecase
a.
Pengertian
Sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan
pengguna dengan melakukan penggambaran interaksi sistem yang saling terkait dari
mulai produk hingga diterima oleh pengguna.
b.
Sisi Positif dan
Negatif
Bisa diketahui
kebutuhan pengguna dengan fungsi yang detail.
c.
Implementasi (Cara
Penerapan)
Dilakukan identifikasi kebutuhan dari sebuah produk. Kemudian
dilakukan penggambaran interaksi relasi dari actor, use case, hingga user.
d.
Keterlibatan Pihak
Administrator, Manajemen, dan User.
5.
Scenario of Use
a.
Pengertian
Sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan
pengguna dengan melakukan identifikasi secara nyata.
b.
Sisi Positif dan
Negatif
Dapat diketahui fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari
suatu produk.
c.
Implementasi (Cara
Penerapan)
Sudah merancang sebuah produk dan diuji coba langsung
pada pengguna.
d.
Keterlibatan Pihak
Administrator, Manajemen, dan User.
No comments:
Post a Comment